Sariputta | Suttapitaka | Kelompok-kelompok Unsur Kehidupan Sariputta

Kelompok-kelompok Unsur Kehidupan

Khandha (SN 56.13)

Para bhikkhu, terdapat Empat Kebenaran Mulia ini. Apakah empat ini? Kebenaran Mulia penderitaan, kebenaran mulia asal-mula penderitaan, kebenaran mulia lenyapnya penderitaan, kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, kebenaran mulia penderitaan? Harus dikatakan: kelima kelompok unsur kehidupan yang tunduk pada kemelekatan; yaitu, kelompok unsur bentuk yang tunduk pada kemelekatan … kelompok unsur kesadaran yang tunduk pada kemelekatan. Ini disebut kebenaran mulia penderitaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, kebenaran mulia asal-mula penderitaan? Adalah ketagihan yang mengarah menuju penjelmaan baru, disertai dengan kesenangan dan nafsu, mencari kenikmatan di sana-sini; yaitu ketagihan pada kenikmatan indria, ketagihan pada penjelmaan, ketagihan pada pemusnahan. Ini disebut kebenaran mulia asal-mula penderitaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, kebenaran mulia lenyapnya penderitaan? Adalah peluruhan tanpa sisa dan lenyapnya ketagihan yang sama itu, meninggalkan dan melepaskannya, kebebasan darinya, tidak bergantung padanya. Ini disebut kebenaran mulia lenyapnya penderitaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan? Adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan ini; yaitu pandangan benar … konsentrasi benar. Ini disebut kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan.

“Ini, para bhikkhu, adalah Empat Kebenaran Mulia.

“Oleh karena itu, para bhikkhu, suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah penderitaan.’ … Suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah jalan menuju lenyapnya penderitaan.’”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com