Sariputta | Suttapitaka | Belenggu yang Lebih Tinggi Sariputta

Belenggu yang Lebih Tinggi

Uddham­bhāgiya­saṃyojana (SN 49.54)

“Para bhikkhu, ada lima belenggu yang lebih tinggi ini. Apakah lima ini? Nafsu pada bentuk, nafsu pada tanpa-bentuk, keangkuhan, kegelisahan, ketidaktahuan. Ini adalah kelima belenggu yang lebih tinggi itu. Empat usaha benar harus dikembangkan demi pengetahuan langsung atas lima belenggu yang lebih tinggi ini, demi memahaminya sepenuhnya, demi kehancurannya sepenuhnya, demi pelepasannya.

“Apakah empat ini? Di sini, para bhikkhu, seorang bhikkhu membangkitkan keinginan untuk tidak memunculkan kondisi-kondisi tidak bermanfaat yang belum muncul … untuk mempertahankan kondisi-kondisi bermanfaat yang telah muncul, untuk ketidak-mundurannya, untuk meningkatkannya, untuk memperluasnya, dan memenuhinya melalui pengembangan; ia berusaha, membangkitkan kegigihan, mengarahkan pikirannya, dan berupaya.

“Empat usaha benar ini harus dikembangkan untuk memperoleh pengetahuan langsung pada kelima belenggu yang lebih tinggi itu, untuk memahaminya sepenuhnya, untuk kehancurannya sepenuhnya, untuk pelepasannya.”

Banjir, belenggu, jenis-jenis kemelekatan,
Simpul, dan kecenderungan tersembunyi,
Utas-utas kenikmatan indria, rintangan,
Kelompok-kelompok unsur kehidupan,
belenggu-belenggu yang lebih rendah dan lebih tinggi.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com