Sariputta | Suttapitaka | Rumah Gerbang Utara Sariputta

Rumah Gerbang Utara

Pubbakoṭṭhaka (SN 48.44)

Demikianlah yang kudengar. Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di Sāvatthī di Rumah Gerbang Utara. Di sana Sang Bhagavā berkata kepada Yang Mulia Sāriputta sebagai berikut:

“Sāriputta, apakah engkau berkeyakinan bahwa indria keyakinan, ketika dikembangkan dan dilatih, maka memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya? … Bahwa indria kebijaksanaan, jika dikembangkan dan dilatih, maka memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya.”

“Yang Mulia, aku tidak mengandalkan keyakinan pada Sang Bhagavā mengenai hal ini: bahwa indria keyakinan … indria kebijaksanaan, ketika dikembangkan dan dilatih, memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya. Mereka yang belum mengetahui, melihat, memahami, menembus, dan menyentuh dengan kebijaksanaan—mereka akan mengandalkan keyakinan pada orang lain mengenai hal ini: bahwa indria keyakinan … indria kebijaksanaan, ketika dikembangkan dan dilatih, memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya. Tetapi mereka yang telah mengetahui, melihat, memahami, menembus, dan menyentuh dengan kebijaksanaan—mereka tidak akan bingung atau ragu mengenai hal ini: bahwa indria keyakinan … indria kebijaksanaan, ketika dikembangkan dan dilatih, memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya.

“Aku adalah seorang, Yang Mulia, yang telah mengetahui, melihat, memahami, menembus, dan menyentuh dengan kebijaksanaan. Aku tidak bingung atau ragu mengenai hal ini: bahwa indria keyakinan … indria kebijaksanaan, jika dikembangkan dan dilatih, memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya.”

“Bagus, bagus, Sāriputta! Mereka yang belum mengetahui … mereka akan mengandalkan keyakinan pada orang lain mengenai hal ini … Tetapi mereka yang telah mengetahui … mereka tidak akan bingung atau ragu mengenai hal ini: bahwa indria keyakinan … indria kebijaksanaan, jika dikembangkan dan dilatih, memiliki Tanpa-kematian sebagai dasarnya, Tanpa-kematian sebagai tujuannya, Tanpa-kematian sebagai tujuan akhirnya.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com