Sariputta | Suttapitaka | Ladang Sariputta

Ladang

Khettaṅgapañha (Mil 7.8 4)

“Bhante Nāgasena, ketika Anda mengatakan tiga sifat ladang harus diterapkan, yang manakah itu?”

“Seperti, Baginda, ladang dilengkapi dengan kanal (untuk mengalirkan air); begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus dilengkapi dengan saluran-saluran berbagai praktik perilaku yang baik. Inilah, Baginda, sifat pertama ladang yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, ladang dilengkapi dengan tanggul dan air yang ditampung oleh tanggul-tanggul ini memungkinkan tanaman tumbuh; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus dilengkapi dengan tanggul sila dan hati nurani, dia harus menggenggam empat buah kehidupan kebhikkhuan.Inilah, Baginda, sifat kedua ladang yang harus diterapkan.

Dan lagi, Baginda, ladang memiliki produktivitas , sehingga membawa kebahagiaan pada petani, karena jika sedikit benih ditabur (hasilnya) banyak, jika banyak yang ditabur, hasilnya lebih banyak lagi; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus menjadi orang yang memberikan buah berlimpah karena dia memiliki produktivitas; dia harus membawa kebahagiaan bagi para donatur sehingga pemberian kecil berbuah besar, dan semakin besar pemberian semakin besar pula buahnya. Inilah, Baginda, sifat ketiga ladang yang harus diterapkan.

Dan ini, Baginda, diucapkan oleh Bhikkhu Upāli, ahli dalam Vinaya:

‘Seseorang harus seperti ladang, memberikan hasil berlimpah;
Ini disebut ladang bagus yang memberikan buah berlimpah.’

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com