Sariputta | Suttapitaka | Matahari Sariputta

Matahari

Sūriyaṅgapañha (Mil 7.4 8)

“Bhante Nāgasena, ketika Anda mengatakan tujuh sifat matahari harus diterapkan, yang manakah itu?”

“Seperti, Baginda, matahari menyebabkan semua air mengering; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus menyebabkan semua kekotoran batin mengering sempurna. Inilah, Baginda, sifat pertama matahari yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, matahari mengusir kegelapan malam; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus mengusir kegelapan hawa nafsu, kegelapan kebencian, kesuraman kegelapan batin, kegelapan keangkuhan, kegelapan pandangan salah, kegelapan kekotoran batin dan kegelapan semua cara hidup salah. Inilah, Baginda, sifat kedua matahari yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, matahari bergerak terus-menerus; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus mencurahkan perhatian benar secara terus-menerus. Inilah, Baginda, sifat ketiga matahari yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, matahari memiliki lingkaran cahaya; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus menjadi orang yang memiliki lingkaran cahaya objek pendukung (untuk meditasi). Inilah, Baginda, sifat keempat matahari yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, matahari bergerak untuk menghangatkan khalayak ramai; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus menghangatkan dunia manusia dan para dewa dengan perilaku
baik, sila, nilai luhur, praktik, dengan meditasi, pelepasan, konsentrasi, pencapaian, kemampuan batin yang mengendalikan, kekuatan, faktor pencerahan, penerapan kesadaran, daya upaya benar dan dasar kekuatan gaib. Inilah, Baginda, sifat kelima matahari yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, matahari bergerak karena takut terhadap Rāhu; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus bergelora kuat dalam pikirannya dengan ketakutan besar ketika melihat makhluk makhluk terjerat dalam jaring kekotoran batin, dalam neraka, dalam hutan belantara buah dari perilaku buruk dan kelahiran yang menderita, yang terkunci dalam rangkaian pandangan salah, mengambil dan menempuh jalan yang salah. Inilah, Baginda, sifat keenam matahari yang harus diterapkan.

Dan lagi, Baginda, matahari membuat jelas mana yang baik dan mana yang buruk; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus membuat jelas/nyata mana kemampuan batin yang mengendalikan, kekuatan, faktor pencerahan, penerapan kesadaran, daya upaya benar, dasar kekuatan gaib, kondisi duniawi dan non duniawi. Inilah, Baginda, sifat ketujuh matahari
yang harus diterapkan.

Dan ini, Baginda, diucapkan oleh Bhikkhu Vangīsa:

‘Seperti matahari terbit menunjukkan bentuk kepada para makhluk,
Mana yang murni dan tidak murni, mana yang baik dan buruk,
Begitulah bhikkhu, ahli dalam Dhamma, menunjukkan jalan gabungan
Kepada manusia yang tertutupi ketidaktahuan, seperti halnya matahari.'

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com