Sariputta | Suttapitaka | Angkasa Sariputta

Angkasa

Ākāsaṅgapañha (Mil 7.4 6)

“Bhante Nāgasena, ketika Anda mengatakan lima sifat angkasa harus diterapkan, yang manakah itu?”

“Seperti, Baginda, angkasa di mana pun tidak mungkin digenggam; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus di mana pun tidak bisa dicengkeram oleh kekotoran batin. Inilah, Baginda, sifat pertama angkasa yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, angkasa sering dikunjungi oleh peramal, petapa, makhluk (bukan manusia) dan kawanan burung; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus membuat pikirannya bergerak dalam semua hal, berpikir, ‘Mereka tidak kekal, penderitaan, tanpa diri/aku.’ Inilah, Baginda, sifat kedua angkasa yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, angkasa menakjubkan; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus membuat pikirannya takut akan penyambungan kembali dalam kelahiran apa pun, rasa puas (di dalamnya) tidak boleh terbentuk. Inilah, Baginda, sifat ketiga angkasa yang harus diterapkan.

Lagi, Baginda, angkasa tanpa ujung, tak terbatas dan tak dapat diukur; begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus memiliki sila yang tak berujung dan pengetahuan yang tak terukur. Inilah, Baginda, sifat keempat angkasa yang harus diterapkan.

Dan lagi, Baginda, angkasa tidak tergantung, tidak dikuasai, tidak bertumpu dan tidak terhambat (oleh apa pun); begitu juga, Baginda, yogi, bhikkhu harus dalam semua situasi menjadi
orang yang tidak tergantung pada keluarga, kelompok, keuntungan, tempat tinggal, hambatan, kebutuhan (dalam kehidupan bhikkhu), atau kekotoran batin apa pun; dia harus menjadi orang yang tidak dikuasai, tidak bertumpu dan tidak terhambat (oleh mereka). Inilah, Baginda, sifat kelima angkasa yang harus diterapkan.

Dan ini, Baginda, diucapkan oleh Sang Buddha, dewa di atas para dewa ketika menasihati putra-Nya, Rāhula,

‘Seperti halnya, Rāhula, angkasa tidak bertumpu pada apa pun,
begitu juga, kamu, Rāhula, harus mengembangkan (pikiran) seperti angkasa.
Karena dengan mengembangkan (pikiran) seperti angkasa,
Rāhula, kesan indra yang cocok dan tidak cocok yang timbul dan menguasai
pikiranmu, tidak akan berlangsung lama.’


Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com