Sariputta | Suttapitaka | Untuk Kesejahteraan Banyak Orang Sariputta

Untuk Kesejahteraan Banyak Orang

Bahujanahita (Iti 84)

Demikian telah dikatakan oleh Sang Buddha...

"Wahai para bhikkhu, tiga orang yang lahir di dunia ini muncul untuk kesejahteraan banyak orang, untuk kebahagiaan banyak orang, demi kasih sayangnya terhadap dunia, untuk kebaikan, kesejahteraan dan kebahagiaan para dewa dan manusia."

"Apakah tiga orang itu?"

"Wahai para bhikkhu, dalam hal ini seorang Tathagata muncul di dunia, seorang yang Suci, yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna, yang memiliki pengetahuan dan perilaku sempurna, yang sempurna menempuh Sang Jalan (ke Nibbana), pengenal segenap alam, pembimbing yang tiada taranya bagi manusia yang harus dijinakkan, guru para dewa dan manusia, Yang Sadar, Yang Patut Dimuliakan. Sang Tathagata mengajarkan Dhamma yang indah pada awalnya, indah pada tengahnya, dan indah pada akhirnya, dengan pengertian dan kata-kata yang benar, dan Dia menyatakan kehidupan suci secara lengkap dan sepenuhnya murni."

"Wahai para bhikkhu inilah orang pertama yang jika muncul di dunia akan muncul untuk kesejahteraan banyak orang, untuk kebahagiaan banyak orang, demi kasih sayangnya terhadap dunia, untuk kebaikan, kesejahteraan dan kebahagiaan para dewa dan manusia."

"Kemudian , wahai para bhikkhu, ada siswa guru itu, yang merupakan seorang Arahat, yang noda-nodanya telah hancur, kehidupan sucinya terpenuhi, yang telah melakukan apa yang harus dilakukan, yang telah meletakkan beban, mencapai tujuan, menghancurkan belenggu-belenggu dumadi dan sepenuhnya terbebaskan melalui pengetahuan akhir. Dia mengajarkan Dhamma... dan dia membabarkan kehidupan suci secara lengkap dan sepenuhnya murni."

"Itulah, wahai para bhikkhu, orang kedua yang jika muncul di dunia ... untuk kebaikan, kesejahteraan dan kebahagiaan para dewa dan manusia."

"Dan berikutnya, wahai para bhikkhu, ada murid Guru itu, seorang yang belajar untuk mengikuti Sang Jalan, yang telah banyak belajar dan berperilaku luhur. Dia mengajarkan Dhamma... dan dia membabarkan kehidupan suci secara lengkap dan sepenuhnya murni. Wahai para bhikkhu, inilah orang ketiga yang jika muncul di dunia, muncul untuk kesejahteraan banyak orang, untuk kebahagiaan banyak orang, dan demi kasih sayangnya terhadap dunia, demi kebaikan, kesejahteraan dan kebahagiaan para dewa dan manusia."

Sang Guru, orang bijaksana yang agung,
Adalah yang pertama di dunia;
Yang mengikutinya adalah para siswa
Yang ketenangannya sudah disempurnakan;
Dan kemudian yang masih belajar dan berlatih,
Yang berjalan pada Sang Jalan, yang telah
Banyak belajar dan berbudi luhur.

Ketiganya itu adalah pemimpin
Para dewa dan manusia:
Para penerang, yang membabarkan Dhamma,
Yang membuka pintu ke Tanpa-Kematian,
Mereka membebaskan banyak orang dari ikatan.

Mereka yang mengikuti Sang Jalan
Yang diajarkan dengan baik oleh pemimpin manusia
Yang tak ada bandingnya, yang tekun
Melaksanakan Ajaran yang Suci,
Akan mampu mengakhiri penderitaan
Di dalam kehidupan ini juga.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com