Sariputta | Suttapitaka | Dabba 1 Sariputta

Dabba 1

Paṭhamadabba (Ud 8.9)

Demikianlah yang saya dengar. Pada suatu ketika Sang Bhagava sedang berada di dekat Rajagaha, di Hutan Bambu, di Tempat Pemberian Makan Tupai. Pada saat itu Yang Ariya Dabba Mallaputta mendekati Sang Bhagava, bersujud, duduk di satu sisi dan berkata kepada Sang Bhagava: “Sugata, sekarang adalah waktu bagi Nibbana Akhir ku.”

“Lakukanlah sekarang, Dabba, apa yang kamu pikir sudah waktunya untuk dilakukan.”

Kemudian Yang Ariya Dabba Mallaputta bangkit dari tempat duduknya, bersujud di hadapan Sang Bhagava, dan tetap mengarahkan sisi kanannya pada Sang Bhagava, bangkit naik ke udara; dan di langit, sementara duduk bersila di angkasa, beliau memasuki elemen-api, muncul, dan merealisasi Nibbana Akhir.

Ketika Yang Ariya Dabba Mallaputta ….. memasuki elemen api, muncul, dan merealisasi Nibbana Akhir, tubuhnya terbakar habis dan benar-benar punah sehingga tidak ada abu ataupun jelaga yang tertinggal. Persis seperti ketika ghee atau minyak dibakar dan habis, tidak akan ada abu maupun jelaga yang tertinggal, begitulah juga ketika Yang Ariya Dabba Mallaputta mencapai Nibbana Akhir.

Kemudian, karena menyadari pentingnya hal itu, Sang Bhagava pada saat itu mengungkapkan kotbah inspirasi ini:

Tubuh akan terurai, pencerapan berhenti,
Semua perasaan benar-benar habis;
Aktivitas mental padam,
Dan kesadaran mencapai akhir.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com