Sariputta | Suttapitaka | Para Arahant Sariputta

Para Arahant

Arahanta (SN 56.24)

Di Sāvatthī. “Para bhikkhu, para Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna mana pun, di masa lampau yang telah tercerahkan sempurna pada segala sesuatu sebagaimana adanya, semuanya telah tercerahkan sempurna pada Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya. Para Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna mana pun, di masa depan yang akan tercerahkan sempurna pada segala sesuatu sebagaimana adanya, semuanya akan tercerahkan sempurna pada Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya. Para Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna mana pun, di masa sekarang yang tercerahkan sempurna pada segala sesuatu sebagaimana adanya, semuanya telah tercerahkan sempurna pada Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya.

“Apakah empat ini? Kebenaran mulia penderitaan, kebenaran mulia asal-mula penderitaan, kebenaran mulia lenyapnya penderitaan, kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan. Para Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna mana pun, yang telah tercerahkan sempurna … yang akan tercerahkan sempurna … yang tercerahkan sempurna pada segala sesuatu sebagaimana adanya, semuanya telah tercerahkan sempurna pada Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya.

“Oleh karena itu, para bhikkhu, suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah penderitaan.’ … Suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah jalan menuju lenyapnya penderitaan.’”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com