Sariputta | Suttapitaka | Anggota Keluarga (1) Sariputta

Anggota Keluarga (1)

Kulaputta 1–2 (SN 56.3–4)

“Para bhikkhu, anggota keluarga mana pun di masa lampau yang meninggalkan kehidupan rumah tangga menuju kehidupan tanpa rumah, semuanya melakukan itu untuk menembus Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya. Anggota keluarga mana pun di masa depan yang akan meninggalkan kehidupan rumah tangga menuju kehidupan tanpa rumah, semuanya akan melakukan itu untuk menembus Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya. Anggota keluarga mana pun di masa sekarang yang meninggalkan kehidupan rumah tangga menuju kehidupan tanpa rumah, semuanya melakukan itu untuk menembus Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya.

“Apakah empat ini? Kebenaran mulia penderitaan, kebenaran mulia asal-mula penderitaan, kebenaran mulia lenyapnya penderitaan, kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan. Anggota keluarga mana pun di masa lampau … di masa depan … di masa sekarang yang meninggalkan kehidupan rumah tangga menuju kehidupan tanpa rumah, semuanya melakukan itu untuk menembus Empat Kebenaran Mulia sebagaimana adanya.

“Oleh karena itu, para bhikkhu, suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah penderitaan.’ … Suatu usaha harus dikerahkan untuk memahami: ‘Ini adalah jalan menuju lenyapnya penderitaan.’”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com