Sariputta | Suttapitaka | Buah (2) Sariputta

Buah (2)

Phala 2 (SN 54.5)

Lengkap seperti pada §3, dengan penambahan berikut ini:

“Ketika, para bhikkhu, perhatian pada pernapasan telah dikembangkan dan dilatih dengan cara ini, maka tujuh buah dan manfaat dapat diharapkan. Apakah tujuh buah dan manfaat ini?
“Seseorang mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini, maka ia akan mencapai pengetahuan akhir pada saat kematian.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini, atau pada saat kematian, maka dengan kehancuran sepenuhnya lima belenggu yang lebih rendah, ia menjadi seorang yang mencapai Nibbāna pada masa interval.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini … atau menjadi seorang yang mencapai Nibbāna pada masa interval, maka dengan kehancuran total lima belenggu yang lebih rendah, ia menjadi seorang yang mencapai Nibbāna pada saat mendarat.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini … atau menjadi seorang yang mencapai Nibbāna pada saat mendarat, maka dengan kehancuran sepenuhnya lima belenggu yang lebih rendah, ia menjadi seorang yang mencapai Nibbāna tanpa berusaha.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini … atau menjadi seorang yang mencapai Nibbāna tanpa berusaha, maka dengan kehancuran total lima belenggu yang lebih rendah, ia menjadi seorang yang mencapai Nibbāna dengan berusaha.

“Jika ia tidak mencapai pengetahuan akhir pada masa awal kehidupan ini … atau menjadi seorang yang mencapai Nibbāna dengan berusaha, maka dengan kehancuran sepenuhnya lima belenggu yang lebih rendah, ia menjadi seorang yang menuju ke atas, ke alam Akaniṭṭha.

“Ketika, para bhikkhu, perhatian pada pernapasan telah dikembangkan dan dilatih dengan cara ini, maka tujuh buah dan manfaat ini dapat diharapkan.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com