Sariputta | Suttapitaka | Seribu Kappa Sariputta

Seribu Kappa

Sahassa (SN 52.11)

Pada suatu ketika Yang Mulia Anuruddha sedang menetap di Sāvatthī di Hutan Jeta, Taman Anāthapiṇḍika. Kemudian sejumlah bhikkhu mendatangi Yang Mulia Anuruddha dan saling bertukar sapa dengannya. Ketika mereka mengakhiri ramah-tamah itu, mereka duduk di satu sisi dan berkata kepada Yang Mulia Anuruddha:

“Dengan mengembangkan dan melatih hal-hal apakah Yang Mulia Anuruddha telah mencapai keagungan pengetahuan langsung?”

“Adalah, teman-teman, karena aku telah mengembangkan dan melatih empat penegakan perhatian maka aku telah mencapai keagungan pengetahuan langsung. Apakah empat ini? Di sini, teman-teman, aku berdiam dengan merenungkan jasmani dalam jasmani … perasaan dalam perasaan … pikiran dalam pikiran … fenomena dalam fenomena, tekun, memahami dengan jernih, penuh perhatian, setelah melenyapkan ketamakan dan ketidak-senangan sehubungan dengan dunia.

“Adalah, teman-teman, karena aku telah mengembangkan dan melatih empat penegakan perhatian maka aku telah mencapai keagungan pengetahuan langsung. Lebih jauh lagi, teman-teman, adalah karena aku telah mengembangkan dan melatih empat penegakan perhatian maka aku mengingat seribu kappa.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com