Sariputta | Suttapitaka | Para bhikkhu Sariputta

Para bhikkhu

Bhikkhu (SN 51.7)

“Para bhikkhu, bhikkhu mana pun di masa lampau, dengan hancurnya noda-noda, dalam kehidupan ini masuk dan berdiam dalam kebebasan pikiran yang tanpa noda, kebebasan melalui kebijaksanaan, dengan merealisasikannya untuk diri mereka sendiri dengan pengetahuan langsung, semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual. Bhikkhu mana pun di masa depan, dengan hancurnya noda-noda, dalam kehidupan ini masuk dan berdiam dalam kebebasan pikiran yang tanpa noda, kebebasan melalui kebijaksanaan, dengan merealisasikannya untuk diri mereka sendiri dengan pengetahuan langsung, semuanya melakukannya karena mereka akan mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual. Bhikkhu mana pun di masa sekarang, dengan hancurnya noda-noda, dalam kehidupan ini masuk dan berdiam dalam kebebasan pikiran yang tanpa noda, kebebasan melalui kebijaksanaan, dengan merealisasikannya untuk diri mereka sendiri dengan pengetahuan langsung, semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual.

“Apakah empat ini? Di sini, para bhikkhu, seorang bhikkhu mengembangkan landasan kekuatan spiritual yang memiliki konsentrasi yang dihasilkan dari keinginan dan bentukan-bentukan kehendak berusaha. Ia mengembangkan landasan kekuatan spiritual yang memiliki konsentrasi yang dihasilkan dari kegigihan … konsentrasi yang dihasilkan dari pikiran … konsentrasi yang dihasilkan dari penyelidikan dan bentukan-bentukan kehendak berusaha.

“Para bhikkhu, bhikkhu mana pun di masa lampau … di masa depan … di masa sekarang … masuk dan berdiam dalam kebebasan pikiran yang tanpa noda, kebebasan melalui kebijaksanaan, … semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual ini.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com