Sariputta | Suttapitaka | Sebagian Sariputta

Sebagian

Padesa (SN 51.5)

“Para bhikkhu, petapa atau brahmana mana pun di masa lampau yang menghasilkan kekuatan batin sebagian, semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual. Petapa atau brahmana mana pun di masa depan yang akan menghasilkan kekuatan spiritual sebagian, semuanya melakukannya karena mereka akan mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual. Petapa atau brahmana mana pun di masa sekarang yang menghasilkan kekuatan batin sebagian, semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual.

“Apakah empat ini? Di sini, para bhikkhu, seorang bhikkhu mengembangkan landasan kekuatan spiritual yang memiliki konsentrasi yang dihasilkan dari keinginan dan bentukan-bentukan kehendak berusaha. Ia mengembangkan landasan kekuatan spiritual yang memiliki konsentrasi yang dihasilkan dari kegigihan … konsentrasi yang dihasilkan dari pikiran … konsentrasi yang dihasilkan dari penyelidikan dan bentukan-bentukan kehendak berusaha.

“Para bhikkhu, petapa atau brahmana mana pun di masa lampau … di masa depan … di masa sekarang yang menghasilkan kekuatan spiritual sebagian, semuanya melakukannya karena mereka telah mengembangkan dan melatih keempat landasan kekuatan spiritual ini.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com