Sariputta | Suttapitaka | Sālā Sariputta

Sālā

Sālā (SN 48.51)

Demikianlah yang kudengar. Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di antara penduduk Kosala di Sālā, sebuah desa brahmana. Di sana Sang Bhagavā berkata kepada para bhikkhu sebagai berikut:

“Para bhikkhu, seperti halnya di antara para binatang, singa, raja binatang buas, dinyatakan sebagai yang terunggul, yaitu, sehubungan dengan kekuatan, kecepatan, dan keberanian, demikian pula, di antara kondisi-kondisi yang menghasilkan pencerahan indria kebijaksanaan dinyatakan sebagai yang terunggul, yaitu, untuk mencapai pencerahan.

“Dan apakah, para bhikkhu, kondisi-kondisi yang mendukung pencerahan? Indria keyakinan, adalah kondisi yang menghasilkan pencerahan; menuntun menuju pencerahan. Indria kegigihan, adalah kondisi yang menghasilkan pencerahan; menuntun menuju pencerahan. Indria perhatian, adalah kondisi yang menghasilkan pencerahan; menuntun menuju pencerahan. Indria konsentrasi, adalah kondisi yang menghasilkan pencerahan; menuntun menuju pencerahan. Indria kebijaksanaan, adalah kondisi yang menghasilkan pencerahan; menuntun menuju pencerahan.

“Seperti halnya, para bhikkhu, di antara para binatang, singa dinyatakan sebagai yang terunggul, demikian pula, di antara kondisi-kondisi yang menghasilkan pencerahan, indria kebijaksanaan dinyatakan sebagai yang terunggul, yaitu, untuk mencapai pencerahan.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com