Sariputta | Suttapitaka | Analisis (1) Sariputta

Analisis (1)

Vibhaṅga 1 (SN 48.36)

“Para bhikkhu, ada lima indria ini. Apakah lima ini? Indria kesenangan … indria keseimbangan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria kesenangan? Kesenangan jasmaniah apa pun, kenyamanan jasmaniah apa pun, perasaan nikmat dan nyaman yang muncul dari kontak jasmani: ini, para bhikkhu, disebut indria kesenangan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria kesakitan? Kesakitan jasmani apa pun, ketidak-nyamanan jasmani apa pun, perasaan sakit dan tidak-nyaman yang muncul dari kontak jasmani: ini, para bhikkhu, disebut indria kesakitan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria kegembiraan? Kesenangan batin apa pun, kenyamanan batin apa pun, perasaan senang dan nyaman yang muncul dari kontak-batin: ini, para bhikkhu, disebut indria kegembiraan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria ketidak-senangan? Kesakitan batin apa pun, ketidak-nyamanan batin apa pun, perasaan sakit dan tidak-nyaman yang muncul dari kontak-batin: ini, para bhikkhu, disebut indria ketidak-senangan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria keseimbangan? Perasaan apa pun yang ada, apakah jasmani atau batin, yang bukan-nyaman juga bukan tidak-nyaman: ini, para bhikkhu, disebut indria keseimbangan.

“Ini, para bhikkhu, adalah kelima indria itu.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com