Sariputta | Suttapitaka | Analisis (1) Sariputta

Analisis (1)

Vibhaṅga 1 [Indriyavibhaṅga 1] (SN 48.9)

“Para bhikkhu, ada lima indria ini. Apakah lima ini? Indria keyakinan … indria kebijaksanaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria keyakinan? Di sini, para bhikkhu, siswa mulia adalah seseorang yang berkeyakinan, yang berkeyakinan dalam pencerahan Sang Tathāgata sebagai berikut: ‘Sang Bhagavā adalah seorang Arahant, Tercerahkan Sempurna, sempurna dalam pengetahuan dan perilaku, sempurna menempuh sang jalan, pengenal dunia, pemimpin yang tiada taranya bagi orang-orang yang harus dijinakkan, guru para deva dan manusia, Yang Tercerahkan, Yang Suci.’

“Dan apakah, para bhikkhu, indria kegigihan? Di sini, para bhikkhu, siswa mulia berdiam dengan membangkitkan kegigihan untuk meninggalkan kondisi-kondisi yang tidak bermanfaat dan mendapatkan kondisi-kondisi yang bermanfaat; ia kuat, teguh dalam usaha, tidak melalaikan tanggung jawab untuk melatih kondisi-kondisi yang bermanfaat. Ini disebut indria kegigihan.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria perhatian? Di sini, para bhikkhu, siswa mulia penuh perhatian, memiliki perhatian dan kewaspadaan tertinggi, seorang yang mengingat apa yang ia lakukan dan katakan pada waktu yang telah lama berlalu. Ini disebut indria perhatian.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria konsentrasi? Di sini, para bhikkhu, siswa mulia memperoleh konsentrasi, memperoleh keterpusatan pikiran, setelah melepaskan objek. Ini disebut indria konsentrasi.

“Dan apakah, para bhikkhu, indria kebijaksanaan? Di sini, para bhikkhu, siswa mulia bijaksana; ia memiliki kebijaksanaan yang terarah pada muncul dan lenyapnya, yang mulia dan dapat menembus, mengarah menuju kehancuran penderitaan sepenuhnya. Ini disebut indria kebijaksanaan.

“Ini, para bhikkhu, adalah kelima indria itu.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com