Sariputta | Suttapitaka | Berperan dalam Penembusan Sariputta

Berperan dalam Penembusan

Nibbedha (SN 46.28)

“Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian mengenai jalan yang berperan dalam penembusan. Dengarkanlah …

“Dan apakah, para bhikkhu, jalan yang berperan dalam penembusan? Yaitu: tujuh faktor pencerahan. Apakah tujuh ini? Faktor pencerahan perhatian … faktor pencerahan keseimbangan.”
Ketika ini dikatakan, Yang Mulia Udāyī bertanya kepada Sang Bhagavā: “Yang Mulia, bagaimanakah tujuh faktor pencerahan dikembangkan dan dilatih sehingga faktor-faktor itu berperan dalam penembusan?”

“Di sini, Udāyī, seorang bhikkhu mengembangkan faktor pencerahan perhatian, yang berdasarkan pada keterasingan, kebosanan, dan lenyapnya, yang matang pada pelepasan; yang luas, agung, tanpa batas, tanpa permusuhan. Dengan pikiran yang telah mengembangkan faktor pencerahan perhatian, ia menembus dan memecah gumpalan keserakahan yang belum pernah ditembus dan dipecahkan sebelumnya; ia menembus dan memecah gumpalan kebencian yang belum pernah ditembus dan dipecahkan sebelumnya; ia menembus dan memecah gumpalan delusi yang belum pernah ditembus dan dipecahkan sebelumnya …

“Ia mengembangkan faktor pencerahan keseimbangan, yang berdasarkan pada keterasingan, kebosanan, dan lenyapnya, yang matang pada pelepasan; yang luas, agung, tanpa batas, tanpa permusuhan. Dengan pikiran yang telah mengembangkan faktor pencerahan keseimbangan, ia menembus dan memecah gumpalan keserakahan … gumpalan kebencian … gumpalan delusi yang belum pernah ditembus dan dipecahkan sebelumnya.

“Adalah, Udāyī, ketika ketujuh faktor pencerahan ini dikembangkan dan dilatih dengan cara ini, maka faktor-faktor itu berperan dalam penembusan.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com