Sariputta | Suttapitaka | Sakit (3) Sariputta

Sakit (3)

Gilāna 3 (SN 46.16)

Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di Rājagaha di Hutan Bambu, Taman Suaka Tupai. Pada saat itu Sang Bhagavā sedang sakit, menderita, sakit parah. Kemudian Yang Mulia Mahācunda mendekati Sang Bhagavā, memberi hormat kepada beliau, dan duduk di satu sisi. Sang Bhagavā berkata kepada Yang Mulia Mahācunda:
“Lafalkan faktor-faktor pencerahan, Cunda.”
“Tujuh faktor pencerahan ini, Yang Mulia, telah dibabarkan dengan baik oleh Sang Bhagavā; jika dikembangkan dan dilatih, faktor-faktor itu akan menuntun menuju pengetahuan langsung, menuju pencerahan, menuju Nibbāna. Apakah tujuh ini? Faktor pencerahan perhatian telah dibabarkan dengan baik oleh Sang Bhagavā; jika dikembangkan dan dilatih, maka itu akan menuntun menuju pengetahuan langsung, menuju pencerahan, menuju Nibbāna … Faktor pencerahan keseimbangan telah dibabarkan dengan baik oleh Sang Bhagavā; jika dikembangkan dan dilatih, maka itu akan menuntun menuju pengetahuan langsung, menuju pencerahan, menuju Nibbāna. Ketujuh faktor pencerahan ini, Yang Mulia, telah dibabarkan dengan baik oleh Sang Bhagavā; jika dikembangkan dan dilatih, faktor-faktor itu akan menuntun menuju pengetahuan langsung, menuju pencerahan, menuju Nibbāna.”
“Tentu saja, Cunda, itu adalah faktor-faktor pencerahan! Tentu saja, Cunda, itu adalah faktor-faktor pencerahan!”
Ini adalah apa yang dikatakan oleh Yang Mulia Mahācunda. Sang Guru menyetujui. Dan Sang Bhagavā sembuh dari penyakit itu. Dengan cara demikianlah Sang Bhagavā sembuh dari penyakitNya.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com