Sariputta | Suttapitaka | Uttiya Sariputta

Uttiya

Uttiya (SN 45.30)

Di Sāvatthī. Yang Mulia Uttiya mendatangi Sang Bhagavā … dan berkata kepada Beliau:

“Yang Mulia, ketika aku sedang sendirian dalam keterasingan, sebuah perenungan muncul dalam diriku sebagai berikut: ‘Lima utas kenikmatan indria telah dijelaskan oleh Sang Bhagavā. Tetapi apakah lima utas kenikmatan indria itu?’”

“Bagus, bagus, Uttiya! Lima utas kenikmatan indria ini telah dijelaskan olehKu. Apakah lima itu? Bentuk-bentuk yang dikenali oleh mata, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Suara-suara yang dikenali oleh telinga … Bau-bauan yang dikenali oleh hidung … Rasa kecapan yang dikenali oleh lidah … Objek-objek sentuhan yang dikenali oleh badan, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Lima utas kenikmatan indria ini telah dijelaskan olehKu.

“Jalan Mulia Berunsur Delapan, Uttiya, dikembangkan untuk meninggalkan lima utas kenikmatan indria ini. Dan apakah Jalan Mulia Berunsur Delapan? Yaitu: pandangan benar ... konsentrasi benar. Jalan Mulia Berunsur Delapan dikembangkan untuk meninggalkan lima utas kenikmatan indria ini.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com