Sariputta | Suttapitaka | Untuk Tujuan Apakah? Sariputta

Untuk Tujuan Apakah?

Kimatthiya (SN 45.5)

Di Sāvatthī. Sejumlah bhikkhu mendatangi Sang Bhagavā … Sambil duduk di satu sisi, para bhikkhu itu berkata kepada Sang Bhagavā:
“Di sini, Yang Mulia, para pengembara dari sekte lain bertanya kepada kami: ‘Untuk tujuan apakah, sahabat-sahabat, maka kehidupan suci dijalankan di bawah Petapa Gotama?’ Ketika kami ditanya demikian, Yang Mulia, kami menjawab para pengembara itu sebagai berikut: ‘Sahabat-sahabat, adalah demi pemahaman sepenuhnya atas penderitaan, maka kehidupan suci ini dijalani di bawah Sang Bhagavā.’ Kami harap, Yang Mulia, bahwa ketika kami menjawab demikian, kami telah mengatakan apa yang telah dikatakan oleh Sang Bhagavā dan tidak salah memahamiNya dengan apa yang berlawanan dengan fakta; bahwa kami menjelaskan sesuai Dhamma, dan tidak ada konsekuensi logis dari pernyataan kami yang dapat menjadi landasan bagi kritikan.”
“Tentu saja, para bhikkhu, ketika kalian menjawab demikian, kalian mengatakan apa yang telah Kukatakan dan tidak salah memahamiKu dengan apa yang berlawanan dengan fakta; kalian menjelaskan sesuai dengan Dhamma, dan tidak ada konsekuensi logis dari pernyataan kalian yang dapat menjadi landasan bagi kritikan. Karena, para bhikkhu, adalah demi pemahaman sepenuhnya atas penderitaan, maka kehidupan suci dijalani di bawahKu.
“Jika, para bhikkhu, para pengembara dari sekte lain bertanya kepada kalian: ‘Tetapi, sahabat-sahabat, adakah jalan, adakah cara untuk memahami sepenuhnya penderitaan ini?’—ditanya demikian, kalian harus menjawab sebagai berikut: ‘Ada jalan, sahabat-sahabat, ada cara untuk memahami sepenuhnya penderitaan ini.’
“Dan apakah, para bhikkhu, jalan itu, apakah cara untuk memahami sepenuhnya penderitaan ini? Adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan ini; yaitu, pandangan benar … konsentrasi benar. Ini adalah jalan, ini adalah cara untuk memahami sepenuhnya penderitaan ini.
“Ditanya demikian, para bhikkhu, kalian harus menjawab para pengembara dari sekte lain itu dengan cara demikian.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com