Sariputta | Suttapitaka | Landasan Kesadaran Tanpa Batas Sariputta

Landasan Kesadaran Tanpa Batas

Viññānañc­āyatana (SN 40.6)

… “Di sini, teman-teman, sewaktu aku sedang sendirian dalam keterasingan, sebuah perenungan muncul dalam diriku: ‘Dikatakan, “landasan kesadaran tanpa batas, landasan kesadaran tanpa batas.” Apakah landasan kesadaran tanpa batas itu?’

“Kemudian, teman-teman, aku berpikir: ‘Di sini, dengan sepenuhnya melampaui landasan ruang tanpa batas, menyadari bahwa “kesadaran adalah tanpa batas,” seorang bhikkhu masuk dan berdiam dalam landasan kesadaran tanpa batas. Ini disebut landasan kesadaran tanpa batas.’

“Kemudian, teman-teman, dengan sepenuhnya melampaui landasan ruang tanpa batas, menyadari bahwa ‘kesadaran adalah tanpa batas,’ aku masuk dan berdiam dalam landasan kesadaran tanpa batas. Sewaktu aku berdiam di sana persepsi dan perhatian yang disertai oleh landasan ruang tanpa batas menyerangku.

“Kemudian, teman-teman, Sang Bhagavā mendatangiku dengan mengerahkan kekuatan spiritualNya dan berkata: ‘Moggallāna, Moggallāna, jangan lengah, brahmana, sehubungan dengan landasan kesadaran tanpa batas. Kokohkan pikiranmu dalam landasan kesadaran tanpa batas, pusatkan pikiranmu dalam landasan kesadaran tanpa batas, konsentrasikan pikiranmu dalam landasan kesadaran tanpa batas.’ Kemudian, pada kesempatan lainnya, dengan sepenuhnya melampaui landasan ruang tanpa batas, menyadari bahwa ‘kesadaran adalah tanpa batas,’ aku masuk dan berdiam dalam landasan kesadaran tanpa batas.

“Jika, teman-teman, seorang yang berkata benar dapat mengatakan mengenai seseorang: ‘Ia adalah seorang siswa yang mencapai kemuliaan pengetahuan langsung dengan bantuan Sang Guru,’ adalah aku yang dikatakan oleh seorang yang berkata benar itu.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com