Sariputta | Suttapitaka | Sehubungan dengan Itu Sariputta

Sehubungan dengan Itu

Aṅga (SN 37.29)

“Para bhikkhu, ada lima kekuatan pada seorang perempuan. Apakah lima ini? kekuatan kecantikan, kekuatan kekayaan, kekuatan sanak saudara, kekuatan anak-anak, kekuatan moralitas.

“Jika, para bhikkhu, seorang perempuan memiliki kekuatan kecantikan tetapi tidak memiliki kekuatan kekayaan, maka ia kurang sehubungan dengan itu. Tetapi jika ia memiliki kekuatan kecantikan dan kekuatan kekayaan juga, maka ia lengkap sehubungan dengan itu.

“Jika, para bhikkhu, seorang perempuan memiliki kekuatan kecantikan dan kekuatan kekayaan, tetapi tidak memiliki kekuatan sanak saudara, maka ia kurang sehubungan dengan itu. Tetapi jika ia memiliki kekuatan kecantikan dan kekayaan, dan kekuatan sanak saudara juga, maka ia lengkap sehubungan dengan itu.

“Jika, para bhikkhu, seorang perempuan memiliki kekuatan kecantikan, kekayaan, dan sanak saudara, tetapi tidak memiliki kekuatan anak-anak, maka ia kurang sehubungan dengan itu. Tetapi jika ia memiliki kekuatan kecantikan, kekayaan, dan sanak saudara, dan kekuatan anak-anak juga, maka ia lengkap sehubungan dengan itu.

“Jika, para bhikkhu, seorang perempuan memiliki kekuatan kecantikan, kekayaan, sanak saudara, dan anak-anak, tetapi tidak memiliki kekuatan moralitas, maka ia kurang sehubungan dengan itu. Tetapi jika ia memiliki kekuatan kecantikan, kekayaan, sanak saudara, dan anak-anak, dan kekuatan moralitas juga, maka ia lengkap sehubungan dengan itu.

“Ini adalah lima kekuatan seorang perempuan.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com