Sariputta | Suttapitaka | Pengetahuan Sariputta

Pengetahuan

Ñāṇa (SN 36.25)

“‘Ini adalah perasaan-perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan, pengetahuan, kebijaksanaan, pengetahuan sejati, dan cahaya.

“‘Ini adalah asal-mula perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan … dan cahaya.

“‘Ini adalah jalan menuju asal-mula perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan … dan cahaya.

“‘Ini adalah lenyapnya perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan … dan cahaya.

“‘Ini adalah jalan menuju lenyapnya perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan … dan cahaya.

“‘Ini adalah kepuasan dalam perasaan’ … ‘Ini adalah bahaya dalam perasaan’ … ‘Ini adalah jalan membebaskan diri dari perasaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan segala sesuatu yang belum terdengar sebelumnya, muncul dalam diriKu penglihatan, pengetahuan, kebijaksanaan, pengetahuan sejati, dan cahaya.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com