Sariputta | Suttapitaka | Seratus Delapan Tema Sariputta

Seratus Delapan Tema

Aṭṭhasata­pariyāya (SN 36.22)

“Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian penjelasan Dhamma tentang seratus delapan tema. Dengarkanlah …

“Dan apakah, para bhikkhu, penjelasan Dhamma tentang seratus delapan tema? Aku telah membabarkan dua jenis perasaan dengan [satu] metode penjelasan; Aku telah membabarkan tiga jenis perasaan dengan metode penjelasan [lainnya]; Aku telah membabarkan lima jenis perasaan … enam jenis perasaan … delapan belas jenis perasaan … tiga puluh enam jenis perasaan dengan metode penjelasan [lainnya]; dan Aku telah membabarkan seratus delapan jenis perasaan dengan metode penjelasan [lainnya lagi].

“Dan apakah, para bhikkhu, dua jenis perasaan? Jasmani dan batin. Ini disebut dua jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, tiga jenis perasaan? Perasaan menyenangkan, perasaan menyakitkan, perasaan bukan-menyakitkan juga bukan-menyenangkan. Ini disebut tiga jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, lima jenis perasaan? Indria kesenangan, indria kesakitan, indria kegembiraan, indria ketidak-senangan, indria keseimbangan. Ini disebut lima jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, enam jenis perasaan? Perasaan yang timbul dari kontak-mata … perasaan yang timbul dari kontak-pikiran. Ini disebut enam jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, delapan belas jenis perasaan? Enam pemeriksaan yang disertai oleh kegembiraan, enam pemeriksaan yang disertai oleh ketidak-senangan, enam pemeriksaan yang disertai oleh keseimbangan. Ini disebut delapan belas jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, tiga puluh enam jenis perasaan? Enam jenis kegembiraan yang berlandaskan pada kehidupan rumah tangga, enam jenis kegembiraan yang berlandaskan pada pelepasan keduniawian; enam jenis ketidak-senangan yang berlandaskan pada kehidupan rumah tangga, enam jenis ketidak-senangan yang berlandaskan pada pelepasan keduniawian; enam jenis keseimbangan yang berlandaskan pada kehidupan rumah tangga, enam jenis keseimbangan yang berlandaskan pada pelepasan keduniawian. Ini disebut tiga puluh enam jenis perasaan.

“Dan apakah, para bhikkhu, seratus delapan jenis perasaan? Tiga puluh enam perasaan [di atas] di masa lalu, tiga puluh enam perasaan [di atas] di masa depan, tiga puluh enam perasaan [di atas] di masa sekarang. Ini disebut seratus delapan jenis perasaan.

“Ini, para bhikkhu, adalah penjelasan Dhamma tentang seratus delapan tema.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com