Sariputta | Suttapitaka | Samudra (2) Sariputta

Samudra (2)

Samudda 2 (SN 35.229)

“Para bhikkhu, kaum duniawi yang tidak terpelajar berkata ‘samudra, samudra.’ Tetapi itu bukan samudra dalam Disiplin Yang Mulia; itu hanya air yang sangat banyak, air yang sangat luas.

“Ada, para bhikkhu, bentuk-bentuk yang dikenali oleh mata, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Ini disebut samudra dalam Disiplin Yang Mulia. Di sini, dunia ini bersama dengan para deva, Māra, dan Brahmā, generasi ini bersama dengan para petapa dan brahmana, para deva dan manusia, sebagian besar tenggelam, menjadi seperti gulungan benang kusut, seperti gumpalan benang, seperti buluh tanaman air yang kusut, dan tidak mampu melewati alam sengsara, alam tujuan kelahiran yang buruk, alam rendah, saṃsāra.

“Suara-suara yang terdengar oleh telinga … fenomena-fenomena yang dikenali oleh pikiran, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Di sini, dunia ini bersama dengan para deva, Māra, dan Brahmā, generasi ini bersama dengan para petapa dan brahmana, para deva dan manusia, sebagian besar tenggelam, menjadi seperti gulungan benang kusut, seperti gumpalan benang, seperti buluh tanaman air yang kusut, dan tidak mampu melewati alam sengsara, alam tujuan kelahiran yang buruk, alam rendah, saṃsāra.

“Seseorang yang telah menghapus nafsu dan kebencian
Bersama dengan [noda] ketidaktahuan,
Telah menyeberangi samudra yang sangat sulit diseberangi
Dengan bahaya hiu-hiu, siluman-siluman, ombak-ombak.

“Sang Pelepas-ikatan, yang meninggalkan-kematian, tanpa perolehan,
Telah meninggalkan penderitaan karena tidak ada lagi penjelmaan baru.
Setelah meninggal dunia, ia tidak dapat diketahui, Aku katakan:
Ia telah membingungkan Raja Kematian.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com