Sariputta | Suttapitaka | Hutan Mangga Jīvaka (1) Sariputta

Hutan Mangga Jīvaka (1)

Jīvakambavane 1 (SN 35.160)

Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di Rājagaha di Hutan Mangga Jīvaka. Di sana Beliau berkata kepada para bhikkhu sebagai berikut:

“Para bhikkhu, kembangkanlah konsentrasi. Ketika seorang bhikkhu terkonsentrasi, segala sesuatu terwujud baginya sebagaimana adanya. Dan apakah yang terwujud baginya sebagaimana adanya? Mata terwujud baginya sebagaimana adanya—sebagai tidak kekal. Bentuk-bentuk terwujud baginya sebagaimana adanya—sebagai tidak kekal. Kesadaran-mata … Kontak-mata … Perasaan apa pun yang muncul dengan kontak-mata sebagai kondisi—apakah menyenangkan atau menyakitkan atau bukan-menyakitkan juga bukan-menyenangkan, terwujud baginya sebagaimana adanya—sebagai tidak kekal.

“Telinga terwujud baginya sebagaimana adanya … Pikiran terwujud baginya sebagaimana adanya … Perasaan apa pun yang muncul dengan kontak-pikiran sebagai kondisi ... terwujud baginya sebagaimana adanya—sebagai tidak kekal.

“Para bhikkhu, kembangkanlah konsentrasi. Ketika seorang bhikkhu terkonsentrasi, segala sesuatu terwujud baginya sebagaimana adanya.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com