Sariputta | Suttapitaka | Pertanyaan Sakka Sariputta

Pertanyaan Sakka

Sakkapañha (SN 35.118)

Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di Rājagaha di Gunung Puncak Hering. Kemudian Sakka, Raja para deva, mendatangi Sang Bhagavā, memberi hormat kepada Beliau, berdiri di satu sisi, dan berkata kepada Beliau:

“Yang Mulia, apakah sebab dan alasan mengapa beberapa makhluk di sini tidak mencapai Nibbāna dalam kehidupan ini? Dan apakah sebab dan alasan mengapa beberapa makhluk di sini mencapai Nibbāna dalam kehidupan ini?”

“Ada, Raja para deva, bentuk-bentuk yang dikenali oleh mata, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Jika seorang bhikkhu mencari kesenangan di dalamnya, menyambutnya, dan terus-menerus menggenggamnya, maka kesadarannya menjadi bergantung pada bentuk-bentuk itu dan melekat padanya. Seorang bhikkhu dengan kemelekatan, tidak mencapai Nibbāna.

“Ada, Raja para deva, suara-suara yang dikenali oleh telinga … fenomena-fenomena pikiran yang dikenali oleh pikiran, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Jika seorang bhikkhu mencari kesenangan di dalamnya, menyambutnya, dan terus-menerus menggenggamnya, maka kesadarannya menjadi bergantung pada fenomena-fenomena pikiran itu dan melekat padanya. Seorang bhikkhu dengan kemelekatan, tidak mencapai Nibbāna.

“Ini adalah sebab dan alasan, Raja para deva, mengapa beberapa makhluk di sini tidak mencapai Nibbāna dalam kehidupan ini.

“Ada, Raja para deva, bentuk-bentuk yang dikenali oleh mata … fenomena-fenomena pikiran yang dikenali oleh pikiran, yang disukai, indah, menyenangkan, nikmat, memikat indria, menggoda. Jika seorang bhikkhu tidak mencari kesenangan di dalamnya, tidak menyambutnya, dan tidak terus-menerus menggenggamnya, maka kesadarannya menjadi tidak bergantung pada fenomena-fenomena pikiran itu dan tidak melekat padanya. Seorang bhikkhu tanpa kemelekatan, mencapai Nibbāna.

“Ini adalah sebab dan alasan, Raja para deva, mengapa beberapa makhluk di sini mencapai Nibbāna dalam kehidupan ini.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com