Sariputta | Suttapitaka | Rādha (1) Sariputta

Rādha (1)

Anicca (SN 35.76)

Yang Mulia Rādha mendatangi Sang Bhagavā … dan berkata kepada Beliau: “Yang Mulia, sudilah Bhagavā mengajarkan Dhamma secara singkat kepadaku, sehingga, setelah mendengarkan Dhamma dari Sang Bhagavā, aku dapat berdiam sendirian, mengasingkan diri, dengan rajin, tekun, dan bersungguh-sungguh.”

“Rādha, engkau harus meninggalkan keinginan terhadap apa pun yang tidak kekal. Dan apakah yang tidak kekal? Mata adalah tidak kekal; engkau harus meninggalkan keinginan terhadapnya. Bentuk-bentuk adalah tidak kekal … Kesadaran-mata adalah tidak kekal … Kontak-mata adalah tidak kekal … Perasaan apa pun yang muncul dengan kontak-mata sebagai kondisi—apakah menyenangkan atau menyakitkan atau bukan-menyakitkan juga bukan-menyenangkan—itu juga tidak kekal; engkau harus meninggalkan keinginan terhadapnya.

“Telinga … Pikiran adalah tidak kekal … Perasaan apa pun yang muncul dengan kontak-pikiran sebagai kondisi … itu juga tidak kekal; engkau harus meninggalkan keinginan terhadapnya. Rādha, engkau harus meninggalkan keinginan terhadap apa pun yang tidak kekal.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com