Sariputta | Suttapitaka | Mempertahankan sehubungan dengan Konsentrasi Sariputta

Mempertahankan sehubungan dengan Konsentrasi

Ṭhiti (SN 34.2)

Di Sāvatthī. “Para bhikkhu, ada empat jenis meditator ini. Apakah empat ini?

“Di sini, para bhikkhu, seorang meditator mahir dalam konsentrasi sehubungan dengan konsentrasi tetapi tidak mahir dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi.

“Di sini seorang meditator mahir dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi tetapi tidak mahir dalam konsentrasi sehubungan dengan konsentrasi.

“Di sini seorang meditator tidak mahir, baik dalam konsentrasi maupun dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi.

“Di sini seorang meditator mahir, baik dalam konsentrasi maupun dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi.

“Para bhikkhu, meditator yang mahir, baik dalam konsentrasi maupun dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi adalah pemimpin, terbaik, terkemuka, tertinggi, terunggul di antara empat jenis meditator ini.

“Bagaikan, para bhikkhu, dari seekor sapi dihasilkan susu …dan dari ghee dihasilkan krim-ghee, yang diakui sebagai yang terbaik di antara semua ini, demikian pula meditator yang mahir, baik dalam konsentrasi sehubungan dengan konsentrasi maupun dalam mempertahankan sehubungan dengan konsentrasi adalah … terunggul di antara empat jenis meditator ini.”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com