Sariputta | Konsultasi Cenayang Oleh Sri Dhammananda Sariputta

Konsultasi Cenayang Oleh Sri Dhammananda

👁 1 View
2019-08-09 13:58:23

Di banyak negara orang mencari nasihat dan bimbingan cenayang (medium, perantara) untuk mengatasi masalah dalam situasi yang mereka anggap di luar pemahamannya. Pertolongan cenayang dicari dengan banyak cara dan untuk berbagai alasan. Pada saat sakit di mana bantuan medis nyata-nyata tidak efektif, sebagian orang menjadi terdesak dan berpaling ke mana pun untuk mencari pelepasan. Pada saat semacam itu cenayang sering dimintai konsultasi. Sebagian orang juga berpaling kepada cenayang saat mereka berhadapan dengan masalah yang rumit dan tidak mampu menemukan jalan keluar. Orang lain berkonsultasi dengan cenayang karena ketamakan supaya cepat jadi kaya. 
Sebagian orang percaya bahwa saat cenayang kerasukan. roh dewa tertentu berkomunikasi melalui cenayang itu dan memberi nasihat atau bimbingan kepada mereka yang mencari bantuan. Orang lain percaya bahwa keadaan kerasukan adalah kerja dari batin bawah sadar yang naik ke permukaan dan mengambil alih pikiran sadar. 
Cenayang konsultasi adalah praktik yang cukup umum di masyarakat. Umat Buddha bersikap netral terhadap medium konsultasi. Sulit untuk membuktikan apakah yang disampaikan cenayang itu benar atau tidak. Praktik cenayang bukanlah praktik Buddhis; itu hanyalah praktik tradisional yang sangat dipercaya oleh sebagian orang. 
Jika seseorang benar-benar memahami dan menjalani ajaran Buddha, ia dapat menyadari sifat permasalahnya. Masalah dapat diatasi tanpa berkonsultasi dengan perantara apa pun. "Konsultasi Cenayang bukanlah praktik Buddhis. Itu hanyalah kepercayaan Tradisional untuk mendatangkan kelegaan psikologis." Sumber : Buku keyakinan Umat Buddha

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com