Sariputta | BAKTI Kepada Orang Tua Sariputta

BAKTI Kepada Orang Tua

👁 1 View
2017-09-19 20:55:21

Konsep berbakti pada orang tua adalah Penting.
Buddha sendiri ketika ditanya oleh YA. Ananda, mengapa setiap bertemu dengan tulang belulang Sang Tathagata guru para dewa dan manusia, berdiam sejenak, beranjali dan memberi hormat?

Sang Buddha mengatakan bahwa tulang belulang itu adalah mereka yg pernah menjadi orangtuanya entah dalam kehidupan yg mana, sudah banyak sekali kelahiran bahkan sampai jutaan kalpa lalu, artinya tiada mereka yang tidak pernah menjadi orang tua kita.

Oleh karena itu hargai dan hormatilah orang tua kita saat mereka masih hidup sekarang ini. Siapa yang tidak menghormati orang tuanya amatlah berat karmanya dan tak terkira hukuman yang akan didapatnya. Sebaliknya siapa yang menghormati orang tua dan leluhurnya akan dipuji oleh mereka yang bijaksana dan disenangi oleh segenap alam.

Bahagiakanlah mereka selagi masih ada. Jangan tinggi hati dan merasa sombong saat kita lebih kaya dan lebih pintar dari kedua orang tua kita. Biar bagaimana pun tanpa mereka, tak mungkin ada kelahiran kita saat ini.

Barangsiapa memperlakukan orang tua dengan semena-mena dan mempermainkan perasaannya akan mendapat hukuman yang setimpal di neraka. Mendapat hukuman terberat dari jenis hukuman apapun.

Karena orang tua, kita dapat terlahir kembali dari alam yang menyedihkan, terangkat dari penderitaan. (Bila kelahiran lampau kita berasal dari 3 alam menyedihkan). Harusnya berterima kasih dan menyokongnya. Bukan sebaliknya mengecewakan dan menyakiti hati mereka. Hal ini hanya akan menyebabkan kita kembali jatuh ke dalam alam penderitaan. Bahkan sebelum kematian tiba, penderitaan akan selalu mengikuti langkah kaki kita melangkah.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com