Sariputta | Ulat kaki seribu Sariputta

Ulat kaki seribu

Ajahn Chah

👁 1 View
2017-12-26 11:28:21

Ketika banyak dari kita datang untuk hidup bersama, akan mudah untuk berlatih jika pandangan kita benar dan sesuai antara satu dengan yang lainnya. Ketika kita bersedia untuk menyerahkan dan meninggalkan keangkuhan kita dalam cara yang sama, kita semua tiba bersama-sama pada tingkat Buddha, Dhamma, dan Sangha. Kamu tidak dapat berkata bahwa memiliki banyak bhikkhu akan menghalangi latihanmu.

Sama seperti seekor ulat kaki seribu. Seekor ulat kaki seribu memiliki banyak kaki. Ketika kamu melihatnya, kamu berpikir pasti ulat tersebut akan kebingungan karena
mempunyai begitu banyak kaki. Tetapi ulat tersebut berjalan. Ia berjalan maju dan mundur, dan sama sekali tidak ada kebingungan. Ia mempunyai ritmenya sendiri, ketertibannya sendiri.

Sama halnya dengan ajaran-ajaran Sang Buddha: jika kamu berlatih sebagaimana layaknya seorang murid Sang Buddha, maka akan mudah. Dengan kata lain, kamu berlatih dengan benar, berlatih dengan jujur, berlatih untuk mencapai pembebasan dari penderitaan, dan berlatih dengan tepat. Meskipun ada seratus kita, seribu kita, berapa banyakpun kita, tidak akan menjadi masalah. Kita semua dapat masuk ke dalam arus yang sama.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com