Sariputta | Mengakhiri Pencarian yang Tanpa Akhir Sariputta

Mengakhiri Pencarian yang Tanpa Akhir

Bhikkhu Revata

👁 1 View
2023-05-31 17:08:17

Pertanyaan:
Jika saya adalah jenis ketiga dari empat jenis manusia, dan karena saya seorang umat awam, apa yang seharusnya saya hindari dan apa yang seharusnya saya tingkatkan agar bisa menjadi seorang Sotāpanna?
 
Jawaban:
Apakah Anda ingin merealisasi Pengetahuan akan Jalan dan Buah Pertama?
 
Jika begitu, Anda perlu meninggalkan rumah, jika tidak untuk seumur hidup Anda, paling tidak untuk suatu jangka waktu tertentu. Jika Anda tidak bisa melepaskan kehidupan duniawi secara permanen untuk seluruh hidup Anda, untuk menjadi seorang Sotāpanna masih memungkinkan, tetapi Anda perlu berlatih sebagai seorang umat awam dengan menghabiskan cukup banyak waktu tinggal di sebuah pusat meditasi. Jika Anda tidak bisa melakukan ini, Anda perlu mempunyai kesadaran dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda perlu berlatih meditasi setiap hari di mana pun Anda berada. Pelajarilah Dhamma, bacalah Dhamma, dengarkanlah Dhamma lebih banyak. Hiduplah dengan Dhamma. Kemudian ketika waktunya matang, Anda mungkin bisa membuat keputusan untuk berlatih meditasi.
 
Namun,... hidup tidaklah pasti, Kematian adalah pasti. Siapa tahu kapan kita akan meninggal? Oleh karena itu, jika pikiran Anda cenderung untuk berlatih meditasi, Anda seharusnya memutuskan membuat persiapan untuk melakukan itu.
 
Dalam lingkaran kelahiran kembali, tidak ada bentuk kehidupan apa pun yang kita belum pernah terlahir. Kita sudah terlahir sebagai manusia di banyak keberadaan. Sebagai manusia, kita pernah sebagai raja, kita pernah kaya sekali, dan kita pernah miskin sekali. Demikian juga, tidak ada seorang pun yang belum pernah terlahir di alam-alam dewa. Kita sudah pernah mengalami setiap jenis kebahagiaan dari kesenangan indera, untung, terkenal, sepanjang rangkaian banyak keberadaan. Selama banyak keberadaan itu, Anda sudah mendapatkan dan mencapai semua hal yang sekarang Anda kejar dengan bekerja keras dalam kehidupan ini.
 
Anda sudah mencicipi setiap kemungkinan kesenangan indera, tetapi satu rasa yang pasti belum pernah Anda cicipi sampai saat ini yaitu rasa Dhamma. Ketidaktahuan, tidak mengetahui kebenaran, menutupi kita sepenuhnya, sehingga kita tidak melihat bahwa kita sudah mengalami rasa dari setiap kesenangan indera. Kita menginginkan lagi kesenangan-kesenagan itu dalam hidup ini, dan kita mengejar dan merindukan mereka tak habis-habisnya. Hidup Anda akan mencapai suatu akhir sebelum pengejaran-pengejaran ini berakhir. Sebelum Anda berakhir dengan pengejaran yang tak berujung ini, Anda akan berakhir duluan. Jadi Anda seharusnya mengakhirinya secepat mungkin. Apakah Anda mengerti apa yang saya maksudkan? Anda seharusnya mengakhiri perjalanan yang tanpa akhir. Sebagai gantinya, Anda seharusnya memulai sebuah perjalanan yang mempunyai suatu akhir.
 
__________
 
(Manusia jenis ketiga: Neyya - Orang yang dibimbing adalah orang yang menembus Dhamma secara bertahap, setelah melalui Instruksi, perhatian yang saksama, dan bergantung pada teman-teman baik)
 
Semoga semua makhluk baik adanya dan berbahagia.
Semoga semua makhluk mempunyai kesempatan untuk berlatih meditasi.
Semoga Anda dapat melihat dan mengetahui Dhamma di dalam kehidupan ini juga.
Semoga Anda semua dapat berlatih ajaran sejati dari Sang Buddha.
Semoga harapan Mulia semua makhluk terpenuhi.
Semoga Anda semua terbebas dari semua penderitaan.
 
 
Salam penuh mettā,
Bhikkhu Revata
Pa-Auk Angthong, Thailand
(15th September 2015)

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com