Sariputta | Ibadah dan Ritual Sariputta

Ibadah dan Ritual

Bhikkhu Sri Pannavaro Dayaka Mahathera

👁 1 View
2017-09-17 22:13:08

Ritual sering saya sebut sebagai kulit beragama. Tetapi, ibadah bukan hanya ritual saja. Menjadi manusia yang bermanfaat memberikan manfaat kepada masyarakat, itulah ibadah yang tertinggi.

Oleh karena itu, ibadah dalam arti ritual hanyalah simbol-simbol yang bisa menguatkan iman, menguatkan keyakinan, tetapi bukan segala-galanya. Hanya dengan upacara tidak akan meningkatkan kualitas diri. Ritual hanyalah simbol-simbol menguatkan iman, mendekatkan pada nilai-nilai kebaikan, menguatkan keyakinan. Tidak lebih dari itu.

Oleh karena itu, jangan sampai tergelincir menganggap bahwa upacara nilainya lebih dari itu. Kalau kita menganggap upacara bisa meningkatkan kualitas diri dan membebaskan kita dari penderitaan, maka kita seperti dibelenggu. Belenggu yang tidak terlihat oleh mata. Dan belenggu itu lebih berbahaya dari belenggu yang bisa terlihat oleh mata. Belenggu itu adalah: upacara-upacara !

Berupacaralah dengan pengertian yang benar, karena berupacara, melakukan ritual dengan pengertian yang salah, akan menjadi belenggu, menjadi dogmatis, menjadi formalitas kosong belaka. Janganlah agama malah menjadi belenggu, memenjarakan kita.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com