Sariputta | Buddha Mamaka Memiliki Dhamma Vinaya Sebagai Sasada Sariputta

Buddha Mamaka Memiliki Dhamma Vinaya Sebagai Sasada

Luangpho Inthawai Santussako

👁 1 View
2019-04-26 15:43:33

- Apabila seorang umat awam menjaga Pañcasila dengan sempurna, maka akan layak untuk disegani. Jika seorang Bhikkhu hidup sesuai dengan Vinaya secara murni, juga akan layak untuk dihormati dan dijunjung.

- Jika seseorang menjaga Sila dengan baik, maka tidak akan dicurigai oleh orang lain.

- Meski bodoh seperti apapun, jalanilah hidup sesuai dengan Dhamma Vinaya. Sekalipun pintar seperti apapun, tetap jalanilah hidup sesuai dengan Dhamma Vinaya. Jika hidup sesuai dengan Dhamma Vinaya akan indah dipandang, berada dimanapun akan merasa damai.

- Dalam menjalani kehidupan haruslah juga melihat pada peraturan atau hukum yang berlaku di masyarakat. Dengan hanya berpegang pada peraturan Vinaya saja belumlah cukup. Jika diperhatikan, peraturan Vinaya jauh lebih rinci dari peraturan hukum di dunia. Contohnya membunuh makhluk hidup seperti semut, nyamuk, dan sebagainya; dalam peraturan Vinaya serta Pañcasila Sila yang pertama saja sudah salah; namun dalam peraturan hukum masih belum dapat dinyatakan salah, terkecuali jika membunuh hewan yang dilindungi atau ada pemiliknya. Karena hidup di dunia ini maka haruslah mengikuti peraturan yang telah ditetapkan bersama agar dapat hidup bersama di dunia.


Anumodana.
Bhante Piter Gunadhammo

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com