Sariputta | Tanya Jawab 96 Sariputta

Tanya Jawab 96

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 10:50:03

Umat Bertanya :

Ada anggota Sangha yang menasehati umatnya agar perbanyak melafal Amituofo dan menyalin serta membaca sutra, bahkan juga mengatakan bahwa orang yang makan daging tidak boleh membaca sutra, orang yang sibuk sekali juga tidak boleh  membaca sutra, apakah ini benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak demikian. Belajar Ajaran Buddha harus menggunakan apa yang tertera dalam Sutra Buddha sebagai standarnya, Buddha mengajarkan kita untuk “berlindung pada Dharma dan bukan pada orangnya”, Buddha tidak pernah mengucapkan bahwa “orang yang makan daging tidak boleh membaca sutra”, kami juga tidak pernah mendengar para guru sesepuh berkata sedemikian, ini adalah konsep yang salah.

Orang yang sangat sibuk juga boleh membaca sutra, andaikata satu buku sutra tidak bisa dibaca sekaligus, maka boleh membaginya jadi beberapa kali bacanya. Seperti “Sutra Usia Tanpa Batas” meskipun tidak panjang, tetapi bagi praktisi pemula memerlukan waktu dua jam untuk menghabiskannya, jika tidak memiliki waktu yang demikian panjang, maka sehari membaca beberapa bab saja, satu minggu membaca satu buku, atau sebulan hanya satu buku juga boleh, jangan sampai tidak membaca sutra sama sekali.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com