Sariputta | Tanya Jawab 95 Sariputta

Tanya Jawab 95

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 10:50:47

Umat Bertanya :

Saat mendengar ceramah atau sedang melakukan namaskara pada Buddha, akan merasa sedih dan menangis, apakah ini tandanya rintangan karmaku berat?

Master Chin Kung Menjawab :

Jawabannya ada di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Buddha mengatakan ini karena akar kebajikanmu muncul, bukan karena rintangan karma berat.

Ketika anda mendengar ceramah, melakukan pertobatan akan merasa sedih dan menangis, ini karena pada masa kelahiran yang lampau, anda pernah mempelajari Pintu Dharma ini, tetapi tidak berhasil, pada masa kelahiran sekarang bertemu lagi, maka itu merasa sangat sedih. Jika memang demikian, maka anda harus lebih giat berusaha, di dunia ini tidak ada yang perlu didambakan, jangan melewatkan kesempatan ini, kelahiran ini juga pasti harus berhasil.

Kita tinggal di dunia ini, anggaplah dunia ini sebagai hotel, tidak ada satupun yang bisa kita miliki, kita hanya memiliki hak guna, tidak punya hak milik. Ada orang yang mengatakan bahwa rumah ini milikku, ini adalah palsu, ini adalah sesat. Hanya ada hak pakai, tidak ada hak milik”, andaikata anda telah berhasil memahami kalimat ini, maka anda akan memperoleh kebebasan, senantiasa bersukacita. Setelah memahami kebenaran ini hatipun jadi tentram.

Apa itu hati tentram? Takkan lagi memiliki khayalan, perbedaan, kemelekatan. Sebaliknya jika masih memiliki khayalan, perbedaan, kemelekatan, maka jiwa takkan tentram, raga pun takkan tentram, sehingga akan membawa kerugian besar pada kesehatan dan usia kita. Maka itu kebenaran harus dipahami dengan jelas!    

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com