Sariputta | Tanya Jawab 91 Sariputta

Tanya Jawab 91

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 10:54:10

Umat Bertanya :

Andaikata waktu mengambil Trisarana adalah di vihara lain, apakah dengan begitu maka kita sudah menjadi umat tetap vihara tersebut, segalanya harus dilaksanakan sesuai dengan perintah vihara tersebut?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak juga. Trisarana adalah bertekad untuk menjadi siswa Buddha yang resmi, mengamalkan sesuai Ajaran Buddha, inilah yang disebut dengan belajar. Seperti kita masuk sekolah, mendaftar secara resmi menjadi murid sekolah tersebut, demikian pula berTrisarana barulah telah menjadi siswa yang resmi.

Setelah berTrisarana juga tidak harus belajar di vihara yang sama, anda boleh berkunjung ke vihara-vihara lain, memilih vihara yang cocok dengan diri sendiri, maka anda dapat belajar dengan tetap di vihara tersebut.

Trisarana, setiap insan hanya boleh mengambilnya sekali saja seumur hidup, dan bukan mengambil Trisarana di setiap vihara, oleh karena kita berTrisarana pada Triratna dan bukan pada salah seorang Bhiksu, juga bukan berTrisarana pada salah satu vihara, tetapi berTrisarana pada keseluruhan Buddha Dharma.

Maka itu, setiap vihara adalah tempat kita melatih diri, setiap anggota Sangha adalah guru kita. Kita harus menggunakan hati yang tulus, suci, seimbang untuk memperlakukan semua makhluk, inilah makna dari Trisarana.

Setelah mengambil Trisarana, maka harus belajar, yang terutama adalah memilih guru pembimbing, kita harus seksama dalam memilihnya, ini sangat penting. Saya harus menentukan pilihan pada seorang guru, saya juga menjatuhkan pilihan pada vihara ini, karena saya merasa vihara ini sesuai untukku, guru pembimbing ini berjodoh denganku, saya ingin belajar dengannya.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com