Sariputta | Tanya Jawab 86 Sariputta

Tanya Jawab 86

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 13:50:20

Umat Bertanya :

Buku sutra atau kertas yang bertulis Dharma atau yang bergambar Rupang Buddhanya, dan kaset ceramah yang sudah rusak, bagaimana cara menanganinya?Master Chin Kung Menjawab :

Masa sekarang penyebaran barang-barang Dharma ini begitu luas, jumlahnya juga sangat banyak, tidak seperti jaman dulu penyebarannya begitu sedikit, maka itu begitu dihargai, berusaha semaksimal  mungkin untuk membantu orang lain, setelah selesai dibaca maka berusaha mengalihkannya agar orang lain juga bisa ikut membacanya, setelah mendengar kaset ceramah maka berusaha mengalihkannya kepada orang lain agar mereka juga bisa ikut mendengarnya.

Pada masa dulu, bila kami mendapat kaset ceramah, kami takkan memakai kaset originalnya untuk diputar, pasti akan memperbanyaknya terlebih dahulu, sekitar  tiga set, kemudian kami mendengar yang duplikatnya saja. Andaikata kaset duplikat rusak maka kami masih memiliki cadangan dua set lagi, kami menggunakan cara ini, tetapi kaset-kaset ini juga tidak tahan lama disimpan.

Sekarang menggunakan CD, VCD lebih bagus, asalkan berhati-hati dan jangan sampai tergores, maka dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama, ini adalah tehnologi sekarang sudah lebih maju daripada dulu. Sekarang bidang yang paling maju pesat adalah digital, sedangkan yang akan datang adalah tehnologi, maka kita akan semakin mudah untuk melestarikan barang-barang penyebaran Dharma ini. 

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com