Sariputta | Tanya Jawab 84 Sariputta

Tanya Jawab 84

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 13:51:23

Umat Bertanya :

Dalam melatih diri saya bertemu rintangan dari ayahbunda, suami dan putra putriku, saya khawatir karena ini akhirnya mereka menciptakan karma buruk. Bagaimana seharusnya menghadapi persoalan ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Andaikata anda dapat melatih diri sesuai dengan ajaran, saya percaya anggota keluargamu takkan merintangimu. Karena jika seseorang melatih diri dengan benar, terhadap keluarga, kerabat dan teman, terhadap tetangga dan orang-orang di sekitarnya, pasti dapat hidup berdampingan secara harmonis, pasti dapat saling menghormati dan menyayangi, bagaimana bisa timbul perselisihan? Ini karena diri sendiri yang bermasalah, seharusnya melakukan introspeksi diri dan memperbaikinya.

Umumnya masalah yang sering terjadi adalah pada menu makanan, anda bervegetarian sementara keluarga makan daging, apalagi yang suka seafood, setelah anda melihatnya tentu pasang mimik muka tak suka, setelah keluarga anda menyadarinya tentunya juga tidak senang. Dalam kondisi sedemikian, harus mengalah dan menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas kebahagiaan orang lain. Andaikata anda dapat mengalah tentunya takkan ada perselisihan, gunakanlah waktu untuk menggugah mereka.

Keluarga anda juga bermaksud melindungimu, melihat anda setiap hari bervegetaraian maka mereka akan berkata : “Gizimu tidak cukup, tubuhmu akan rusak!”  Karena ituseorang praktisi hendaknya tenang dan bermaitri karuna, harus menampilkan citra yang bagus, keluargamu bila melihatnya pasti akan berkata : “Anda setiap hari bervegetarian, tidak bergizi tetapi kenapa kesehatanmu sekarang begitu bagus?” Anda harus menjadi teladan yang baik, mengeluarkan hasil dari pelatihan diri selama ini agar mereka dapat percaya.

Setelah memasuki usia paruh baya, gaya hidup vegetarian adalah cara untuk sehat dan usia panjang, cobalah dengan perlahan-lahan mempengaruhi keluargamu, tidak boleh ada perselisihan, harus mengalah dalam keluarga, barulah dapat menyelamatkan mereka, maka masalah ini baru dapat selesai.    

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com