Sariputta | Tanya Jawab 81 Sariputta

Tanya Jawab 81

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 13:53:01

Umat Bertanya :

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas tercantum bahwa : “Jika timbul keinginan makan maka patra dan perlengkapan makan dari tujuh mustika akan muncul dengan sendirinya. Ratusan jenis makanan dan minuman dengan sendirinya akan terisi penuh. Walaupun makanan dan minuman ini tampaknya ada tetapi tidak disantap. Namun dengan melihat bentuknya dan mencium wanginya berarti sudah menyantapnya dengan pikiran”.

Saya ingin bertanya kata “jika timbul keinginan”, bukankah ini berarti muncul niat pikiran? Andaikata niat pikiran juga bisa tergerak, bukankah dengan demikian lima nafsu keinginan dan tabiat orang awam lainnya juga bisa ikut muncul?

Master Chin Kung Menjawab :

Kondisi ini hanya muncul pada praktisi yang baru terlahir ke Alam Sukhavati, karena baru sampai di Alam Sukhavati, dia masih memiliki tabiat demikian, begitu tabiatnya timbul, maka kondisi pun ikut muncul. Maka itu, di Alam Sukhavati segalanya muncul menuruti kehendak penghuninya, apa yang biasanya disebut “segalanya terwujud sesuai keinginan”. 

Ini adalah makanan, sedangkan hal lainnya seperti keinginan untuk kaya, rupa, ketenaran, keuntungan dan berbagai pikiran khayal lainnya, apakah juga bisa muncul? Mungkin saja bisa, tetapi apakah setelah muncul dia memiliki kesempatan berbuat jahat? Dia takkan melakukan karma buruk. Mengapa demikian? Karena begitu niat buruk muncul, dia segera menyadarinya, sehingga kondisi batin ini segera lenyap. Maka itu di Alam Sukhavati untuk melenyapkan noda pikiran dan tabiat itu sangat cepat, alasannya ada di sini.

Di Alam Sukhavati, kita berada bersama dengan para insan berkebajikan tertinggi. Master Lian Chi dan Master Ou Yi menjelaskan pada kita apa yang dimaksud dengan “berkebajikan tertinggi”yakni para Bodhisattva Tertinggi (yang akan segera mencapai KeBuddhaan), seperti Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Mereka akan senantiasa berada di sekelilingmu, tak peduli niat pikiran khayal apapun yang muncul dari dirimu, Mereka tetap memiliki cara untuk membantumu. Maka itu kondisi lingkungan melatih diri di Alam Sukhavati sangat bagus, dimana seluruh Alam Buddha tidak ada yang sebanding dengannya.

Kita masih memiliki keraguan, haruslah jelas bahwa “keraguan” adalah rintangan terbesar bagi pelatihan diri Bodhisattva. Kita tidak boleh ada sedikitpun keraguan terhadap Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha dan para Maha Bodhisattva ini, ini akan sangat membantu kemajuan batin kita. Maka itu bila ada keraguan harus bertanya, harus memutuskan keraguan barulah keyakinan bisa berkembang.    

 

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com