Sariputta | Tanya Jawab 63 Sariputta

Tanya Jawab 63

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 14:52:56

Umat Bertanya :

Ada seorang praktisi lanjut usia yang sudah bervegetarian, tetapi keluarganya ingin maka daging, maka itu praktisi ini setiap hari memasak daging buat mereka, sehingga jiwa raganya merasa tidak tenteram. Keluarganya tidak mengerti Buddha Dharma, terkadang malah menfitnah Triratna, bagaimana sebaiknya praktisi ini menghadapi persoalan ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Seharusnya bersukacita memasak daging buat keluarganya, maka mereka takkan menfitnah Triratna lagi. Sesepuh Aliran Dhyana yang ke-6, Master Hui Neng, ketika bersembunyi dalam kelompok pemburu, juga memasak daging buat mereka. Selama 15 tahun beliau bersukacita melakukannya, lalu pelan-pelan mempengaruhi mereka.

Keluargamu makan daging sementara anda bervegetarian, beberapa tahun kemudian, mereka melihat tubuhmu akan lebih sehat dan lebih kuat daripada mereka, maka mereka akan kembali ke jalan yang benar. Jangan sekali-kali menciptakan perselisihan dan salah paham, ini amat penting sekali.

Buddha Dharma mengajari kita bahwa “Di manapun Bodhisattva berada, selalu membuat semua makhluk bersukacita”, jika kita membiarkan para makhluk merasa risau, maka ini bukanlah Buddha Dharma, harus membuat para makhluk bersukacita. Bila orang lain memiliki rintangan karma, maka kita menunggu sampai dia tercerahkan maka akan kembali ke jalan yang benar. Maka itu harus membantunya agar tercerahkan.  

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com