Tanya Jawab 54

Tanya Jawab 51-100

👁 1 View
2017-09-18 15:00:31

Umat Bertanya :

Setelah seseorang meninggal dunia, jangan langsung memindahkan atau menggerakkannya, karena takut bila timbul kebencian di hatinya. Di Taiwan atau di dusun, bisa disemayamkan di memorial hall (ket : bengunan untuk menaruh papan sembahyang para leluhur, bentuknya seperti kelenteng) agar bisa membantunya melafal Amituofo.

 Tetapi di Hongkong, tak peduli mati di rumahsakit atau di rumah, segera harus dipindahkan, jika tidak maka akan dilakukan otopsi, jika bertemu kejadian sedemikian, apa yang harus kami lakukan?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah cara masyarakat jaman sekarang memperlakukan jenazah almarhum, ini juga merupakan karma bersama orang jaman sekarang, sungguh merepotkan. Di Taiwan, umat Buddha setelah mengetahui hal ini, maka itu mereka sudi melepaskan pengobatan di rumah sakit, kemudian pasien dibawa pulang ke rumah untuk membantunya melafal Amituofo, karena hidup pasien mungkin tinggal satu atau dua hari lagi atau bahkan hanya tersisa beberapa jam saja. Jika di vihara, maka ada upacara untuk mengantar kepergian almarhum, jika melakukannya dengan benar maka tentu akan sangat bagus.

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]