Sariputta | Tanya Jawab 29 Sariputta

Tanya Jawab 29

Tanya Jawab 01-50

👁 1 View
2017-09-20 08:24:40

Umat Bertanya :

Ada beberapa pengurus vihara yang sering mengundang para Bhiksu aliran lain datang berceramah, saya tidak berniat mendengarnya, juga mengajak orang lain untuk tidak ikut mendengarnya, apakah tindakan saya ini benar? “Menuruti kehendak makhluk lain” itu maksudnya bagaimana?

Master Chin Kung Menjawab :

Andaikata kita telah mencapai pencerahan, semua makhluk yang memberikan ceramah Dharma, sepanjang Dharma yang dia ceramahkan adalah Dharma Murni, bukanDharma sesat, maka boleh ikut mendengarnya, sesat dan murni harus dibedakan dengan jelas.

Walaupun apa yang dia ceramahkan berbeda dengan aliran kita, kita juga harus pergi mendengarnya, untuk mewibawakan vihara. Agar penceramah pemula melihat jumlah pendengar ceramah begitu banyak, sehingga dia menjadi percaya diri. Apalagi jika yang dia ceramahkan adalah Dharma Murni, maka kita harus lebih mewibawakan vihara, ini adalah hal yang sepatutnya.

Tetapi sebaliknya jika diri sendiri belum memiliki keyakinan yang teguh, malah pergi mendengarkan ceramah aliran lain, dan akhirnya diri sendiri tidak mampu membuat keputusan sendiri, maka tidak boleh pergi mendengar ceramah tersebut. Anda tidak memiliki kekuatan samadhi, belajar Dharma juga tidak memiliki dasar yang kuat, dalam keadaan sedemikian, anda tidak pergi mendengar ceramah aliran lain, sikap ini adalah dibenarkan.

“Menuruti kehendak para makhluk” adalah salah satu tekad Bodhisattva Samantabhadra, ucapan ini adalah ditujukan kepada Bodhisattva Dharmakaya, namun kita juga harus meneladaninya. Lepaskan semua khayalan, perbedaan dan kemelekatan, semuanya menuruti kehendak orang lain. Tetapi ketika menuruti kehendak itu haruslah terlebih dulu menelitinya dengan jelas, jika itu hal yang benar barulah dituruti, jika sebaliknya itu adalah kejahatan, maka janganlah diikuti. Menuruti kehendak itu harus menggunakan kebijaksanaan dan akal sehat, bukan menuruti perasaan.   

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com