Sariputta | Tanya Jawab 28 Sariputta

Tanya Jawab 28

Tanya Jawab 01-50

👁 1 View
2017-09-20 08:24:50

Umat Bertanya :

Ada sekelompok penganut aliran luar sering datang ke vihara kami, beberapa pengurus bahkan tidak memperbolehkan mereka masuk ke ruang kebaktian, bagaimana seharusnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Cobalah memberi anjuran pada mereka, andaikata mereka memang ingin masuk ke dalam ruang kebaktian dan bersedia mengikuti kebaktian bersama melafal Amituofo, maka biarkan mereka ikut bergabung. Buddha dan Bodhisattva menyelamatkan semua makhluk, juga tidak menolak penganut aliran luar.

Ketika Buddha Sakyamuni berada di dunia, ada 96 jenis aliran luar yang belajar padaNya, berguru pada Buddha, Buddha juga menerima mereka, dapat kita lihat di sini bahwa Buddha tidak menolak kehadiran para penganut aliran luar.  

Sebaliknya jika mereka tidak bersedia menaati peraturan ruang kebaktian pelafalan Amituofo, mengacaukan para umat, maka kita harus mempersilahkan mereka keluar, pasti tidak boleh mengacaukan para umat yang sedang melatih diri. Maka itu bukan hanya aliran luar yang kita tolak; bahkan umat yang tidak bersedia mematuhi peraturan juga harus kita persilahkan keluar.

Dahulu kala, Master Hui Yuan dari Gunung Lu memiliki seorang teman baik yakni Upasaka Xie Ling-yun, dia adalah penulis besar. Dia ingin ikut dalam “kebaktian bersama melafal Amituofo”, tetapi karena tabiatnya sangat buruk, tidak sanggup mematuhi peraturan di dalam ruang kebaktian, maka itu Master Hui Yuan menolaknya.

Master Hui Yuan masih memiliki teman baik lainnya yakni Tao Yuan-ming, dia sangat mematuhi peraturan, Master Hui Yuan mempersilahkannya masuk ke ruang kebaktian pelafalan Amtiuofo, tetapi sayangnya Tao Yuan-ming tidak bersedia hadir.

Dapat kita lihat bahwa yang dapat mematuhi peraturan maka senantiasa disambut, tak peduli apakah dia itu adalah penganut aliran luar. Andaikata dia adalah penganut aliran luar, kita juga harus mengulurkan tangan menyambut mereka, membantu mereka mengenal Buddha Dharma, ini barulah hati maitri karuna.     

 

 

  

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com