Tanya Jawab 26

Tanya Jawab 01-50

👁 1 View
2017-09-20 08:25:10

Umat Bertanya :

Saya menggunakan sehari 8 sampai 9 jam untuk mendengar DVD ceramah, waktu selebihnya saya gunakan untuk melafal Amituofo. Apakah tindakanku ini termasuk mementingkan diri sendiri? Saya sangat ingin menggunakan beberapa tahun untuk melepaskan segalanya dan menfokuskan diri melafal Amituofo, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Setiap hari meluangkan sedikit waktu untuk menyebarkan DVD ceramah, ini merupakan hal yang baik dan memberi manfaat pada makhluk lain. Saat bekerja juga boleh sambil melafal Amituofo, karena ini hanya memerlukan gerakan tubuh, tidak memerlukan berpikir, tidak menghalangi kita untuk melafal Amituofo. Sebaliknya semua pekerjaan yang memerlukan pikiran, maka lafalan Amituofo boleh dihentikan buat sementara dan menfokuskan diri pada pekerjaan; setelah selesai maka pikiran difokuskan kembali pada lafalan Amituofo. Dengan demikian, pekerjaan terselesaikan dengan baik, Amituofo juga dilafal dengan baik.

Mengenai melepaskan jalinan jodoh duniawi dan menfokuskan diri melafal Amituofo, ini terlebih dulu harus melihat kondisi anda sendiri. Andaikata memang syarat anda telah mencukupi, biaya hidup sudah tak jadi masalah, keluarga anda juga tidak masalah, maka tindakan anda ini diperbolehkan; jika sebaliknya persyaratan tidak mencukupi maka janganlah memaksakan kehendak, karena dengan begitu maka akan timbul kerisauan.

Andaikata anda telah melepaskan segalanya, kemudian biaya hidup keluarga jadi bermasalah, maka tindakan anda ini tidak diperbolehkan. Praktisi yang berkeluarga bukan hanya harus menjaga diri sendiri, namun juga harus menjaga keluarganya, harus memberi teladan yang baik bagi masyarakat, jangan sampai setelah orang lain melihat diri kita maka berkomentar, “Orang itu belajar Buddha Dharma sampai jadi tak beres, sesat, sampai-sampai keluarga diabaikan”, sehingga orang lain jadi menciptakan vaci-kamma, ini tidak diperbolehkan.      

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]