Sariputta | Permasalahan Melatih Diri 22 Sariputta

Permasalahan Melatih Diri 22

Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-18 16:08:02

Pertanyaan :

Insan yang telah menikah dan berkeluarga, bagaimana cara untuk memutuskan kemelekatan pada kasih sayang?

Master Chin Kung Menjawab :

Yang paling merepotkan dari kasih sayang adalah “melekat”, asalkan tidak melekat maka ini sudah bagus. Praktisi yang sudah berkeluarga juga adalah Bodhisattva, dalam kisah Sudhana yang mengunjungi 53 kalyanamitra, di antara 53 orang itu, yang paling banyak adalah umat berkeluarga, sedangkan yang merupakan anggota Sangha hanya lima orang. Mereka tidak ada perbedaan, kemelekatan, maka itu “dalam segala hal bebas tanpa rintangan” ; dan rintangan kita adalah perbedaan dan kemelekatan.

Manusia harus benar-benar memperoleh samadhi dan kebijaksanaan terbuka, hati dan alam semesta menyatu, seluruh alam semesta dan Dharmadhatu adalah diri sendiri, tidak ada lagi kemelekatan, maka kasih sayang berubah jadi kebijaksanaan, mengubah cinta menjadi kebijaksanaan, mengubah kerisauan menjadi KeBodhian, mengubah roda samsara menjadi nirvana, ini adalah ketrampilan.

Insan lain sanggup mengubahnya, kenapa kita tidak mampu melakukannya? Kita tersesat maka itu tidak sanggup mengubahnya, tercerahkan maka sanggup mengubahnya. Maka itu, Buddha Dharma menitikberatkan pada “memecahkan kesesatan membuka pencerahan”

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com