Sariputta | Permasalahan Melatih Diri 21 Sariputta

Permasalahan Melatih Diri 21

Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-18 16:08:03

Pertanyaan :

Ada orang yang kebenciannya sangat berat, suka mengumbar amarah tanpa alasan yang jelas, yakni api kegelapan batin, apa sebabnya? Bagaimana cara untuk mengurainya?

Master Chin Kung Menjawab :

Kebenciannya berat berarti orang ini rintangan karma dan tabiatnya sangat berat, mudah timbul amarah, selalu melihat kekurangan orang lain, melihat masalah juga melihat kelemahannya, ini adalah rintangan karmanya. Tetapi bagi seorang praktisi sejati, orang ini adalah kalyanamitra-nya, mengapa demikian? Jika tidak ada orang sedemikian yang tiap hari datang cari masalah, tiap hari datang memarahimu, menghinamu, menindasmu, maka anda harus ke mana untuk melatih ksanti paramita (paramita kesabaran)?

Maka itu, bertemu dengan orang-orang seperti ini, kita menerimanya dengan ikhlas, beranjali dan memberi hormat pada mereka, menerima pelajaran ini, sepatah katapun takkan keluar memberi bantahan. Jika dia sudah selesai marah-marah, kita mengucapkan terimakasih padanya, Amituofo!

Setiap kali dia marah-marah, anda tetap bersikap sedemikian, lama kelamaan dia juga akan tercerahkan, dia akan tergugah. Tidak boleh saling memarahi, jika saling memarahi maka takkan ada habis-habisnya. Dia satu orang saja yang mengumbar kemarahan, setelah capek dia juga akan berhenti.

Dia marah-marah di sana, saya melafal Amituofo di sini, membiarkan dia marah sepuasnya, ini mengeliminasi rintangan karma diri sendiri. Dia membantuku mengeliminasi rintangan karma, seharusnya saya berterimakasih padanya, saya melafal Amituofo melimpahkan jasa kepadanya.

Jika sebaliknya orang lain memujimu, juga jangan merasa bersukacita, ini belum tentu benar adanya. Orang lain menjunjung tinggi dirimu, harus berpikir saya tidak memiliki kebajikan yang bisa dipuji orang lain, harus membangkitkan rasa malu.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com