Sariputta | Permasalahan Melatih Diri 13 Sariputta

Permasalahan Melatih Diri 13

Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-18 16:08:11

Pertanyaan :

Sewaktu melafal Amituofo terasa mengantuk, tidak sanggup berkonsentrasi, tubuh juga tidak sanggup ditegakkan, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah gejala yang dialami praktisi pemula pada umumnya, ini karena ketrampilan melatih diri masih belum maju. Ketika Buddha Sakyamuni masih membabarkan Dharma di dunia ini, di dalam pesamuan juga tidak sedikit yang mengantuk, jadi ini adalah gejala yang umum, juga boleh dikatakan gejala yang biasa, anda tidak perlu terlalu merisaukannya, tetapi juga harus memikirkan cara untuk mengatasinya.

Sebagian besar praktisi pelafal Amituofo mengantuk pada saat duduk melafal Amituofo, saat meditasi, memejamkan mata melafal Amituofo, tidak berapa lama kemudian lalu tertidur.

Gejala yang lain adalah saat duduk maupun berdiri tidak bisa menenangkan diri, ini karena khayalannya terlampau banyak, pikirannya melayang tak menentu. Semua ini karena ketrampilan melatih diri yang belum maju, tetapi harus diatasi.  

Jika terasa mengantuk, maka bangun dan lakukan cavkramana, jangan duduk lagi.  Cavkramana adalah berjalan perlahan sambil melafal Amituofo. Atau dengan cara melakukan namaskara dengan penuh hormat, setelah bernamaskara puluhan hingga ratusan kali, rasa ngantuk jadi hilang, anda harus tahu cara menyeimbangkan tubuh.  

Jika khayalan terlalu banyak, pikiran melayang entah ke mana, maka duduklah dengan tenang dan memakai cara meditasi, pusatkan perhatian ke dalam lafalan Amituofo, atau boleh merenungkan rupang Buddha yang sedang dipuja, atau merenungkan kebenaran yang tercantum di dalam sutra, sehingga perhatian anda jadi terpusat, maka khayalan akan semakin sedikit.

Kesimpulannya, harus menarik kembali niat pikiran, jangan biarkan bentuk-bentuk pikiran, khayalan terus berkembang. 

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com